Apakah Ekstrak Manggis Benar-benar Manjur Atasi Kolesterol?

Ekstrak Manggis - tribunnews.com

Wanita - Jakarta. Saat berbicara koleterol, pasti kita juga akan membahas tentang kegemukan hal ini juga berkaitan mengenai permasalahan wanita. Ekstrak manggis konon dipercaya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan cepat.

Mengetahui hal ini, banyak kemudian produsen-produsen membuat ekstrak manggis dalam bentuk kemasan dan dapat diperoleh dengan mudah ditoko-toko. Akan tetapi, apakah ekstrak manggis ini benar-benar manjur dalam menurunkan kolesterol?

Dokter Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor menjelaskan, senyawa xanthone yang terkandung dalam buah manggis memang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah perlengketan lemak pada dinding pembuluh darah, sehingga hal ini mengurangi risiko terjadinya atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

“Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan anjuran konsumsi manggis yang efektif guna menurunkan kadar kolesterol,” ujarnya.

Selain olahraga, kadar kolesterol juga ditentukan pola diet. Bagi para penderita hiperkolesterolemia (kadar kolesterol berlebih), sangat dianjurkan untuk membatasi asupan minyak dan lemak jenuh (misalnya mengurangi jenis makanan yang digoreng, makanan bersantan dan berlemak/ bergajih).

Baiknya diganti dengan jenis lemak tak jenuh, misalnya alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu, konsumsi lebih banyak serat berupa sayuran ataupun olahan gandum yang terbukti dapat membantu mengikat lemak berlebih, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

“Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, maupun gangguan pembuluh darah lain,” ujarnya
Previous
Next Post »