Tips Mudah Menjauh dari Lemak Jenuh

Tips Hindari Lemak Jenuh - duniafitne.com

Wanita - Jogjakarta. Pada dasarnya lemak memiliki peranan tersendiri bagi tubuh. Akan tetapi ada jenis lemak yang memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang kita konsumsi. Ada pula lemak yang kita makan dan berfungsi untuk sumber energi tubuh, yaitu lemak diet (dietary fat). Lemak diet dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Vitamin yang masuk ke tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat dicerna dan diserap tubuh. Namun, terdapat sisi buruk lemak, yaitu mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dengan cepat jika kelebihan dikonsumsi.

Bagaimana cara agar kita dapat terbiasa mengonsumsi lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak lemak tak jenuh? Berikut beberapa hal yang dapat menjadi panduan yang sehat. seperti yang dilansir situs alodokter


  • Pada umumnya, pria disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 30 gram lemak jenuh tiap hari. Sementara batas maksimal untuk wanita adalah 20 gram. Dengan panduan ini, Anda dapat memeriksa dan memilih makanan dengan membaca label nutrisi pada kemasan makanan.
  • Saat akan membeli daging, mintalah potongan daging dengan lebih sedikit lemak. Buang kulit daging sebelum diolah dan singkirkan lemak yang masih terlihat.
  • Pilih produk olahan susu dengan kandungan lemak rendah, seperti yogurt rendah lemak atau susu dengan lemak 1 persen.
  • Saat memasak, takar minyak dengan sendok makan sebelum dituang ke wajan penggorengan untuk mengontrol seberapa banyak yang akan digunakan.
  • Ubah cara memasak dari menggoreng di dalam banyak minyak menjadi memanggang, merebus, atau mengukus.
  • Tambahkan sayur dan kacang-kacangan pada menu Anda dan kurangi konsumsi daging.
  • Secara spesifik, Anda dapat menggunakan tips berikut sebagai panduan untuk memperbarui pilihan makanan Anda menjadi lebih sehat.
Pada intinya, untuk menghindari lemak jenuh adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buah segar dan sebisa mungkin hindari memakan makanan yang sudah diproses.
Previous
Next Post »